• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-5 Pokok Bahasan Uang dan Perbankan Semester Genap di SMA Negeri 1 Tanggul Tahun Ajaran 2009/2010 )

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (104)FKIP_1.pdf (383.8Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Mery Dyah Ervitarini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada umumnya rendah. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena guru hanya menjelaskan materi pelajaran secara verbal tidak disesuaikan dengan kenyataan yang ada serta kondisi kelas tersebut sehingga siswa kurang antusias dan bosan dalam mengikuti pelajaran ekonomi. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran secara baik dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga tidak membuat siswa merasa jenuh atau bosan pada saat menerima pelajaran. Media handout merupakan materi pembelajaran tertulis yang biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan materi yang akan diajarkan, yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari guru. Penggunaan media handout dalam proses pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa terhadap pelajaran, memelihara kekonsistenan penyampaian materi pelajaran serta waktu yang digunakan siswa untuk mencatat menjadi relatif singkat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran, yaitu media yang digunakan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media handout dalam proses pembelajaran. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu pada kelas X- 5 di SMA Negeri 1 Tanggul dengan berdasarkan atas permasalahan, yaitu minat belajar siswa sangat rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kelas X-5 di SMA Negeri 1 Tanggul meningkat dari sangat rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan media handout, minat belajar siswa sangat rendah dengan skor rata-rata 1,96. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media handout, minat belajar siswa meningkat menjadi rendah dengan skor rata-rata 2,83 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi tinggi dengan skor ratarata minat belajar siswa adalah 3,27. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran menggunakan media handout dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan minat belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25544
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository