• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN 1 TAMPO BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    GDL (122)(1)processed_1.pdf (185.1Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Ela Rismaya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan pada semua jenjang pendidikan, sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tetapi pada kenyataannya pentingya pendidikan PKn belum disadari sepenuhnya oleh banyak pihak. Adanya anggapan tersebut, mempengaruhi proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Banyak pihak yang mengganggap bahwa pendidikan PKn hanya mata pelajaran wajib yang menekankan pada konsep-konsep menghafal saja, sehingga internalisasi nilai yang menjadi ciri dalam mata pelajaran PKn tidak sepenuhnya tertanam di dalam diri siswa. Hal ini pula yang terjadi di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di sekolah tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru mendominasi pelajaran dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut menyebabkan hasil belajar siswa pun belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan strategi belajar peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi dengan menggunakan strategi belajar peta konsep dan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa 14,54%. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 55,38% menjadi 69,92% atau termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,29% menjadi 85,21% dan termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,42%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 89,47%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,05%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian ini, guru disarankan agar menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan materi yang diajarkan supaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa disarankan pula agar lebih aktif dan belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25486
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository