• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SDN SLATENG 01 LEDOKOMBO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    GDL (119)(1)processed_1.pdf (216.7Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Ela Megawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Slateng 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan saja, hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran IPA tersebut adalah melalui metode penemuan (discovery), sehingga siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slateng 01 dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode penemuan (discovery)?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slateng 01 dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode penemuan (discovery). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slateng 01 Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema yang berbentuk spiral dari Kemmis dan Taggart dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode penemuan mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,88% (kategori sedang), dan pada siklus II mencapai persentase 79,32%, (kategori aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,44% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode penemuan mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,37%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89 %. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18,52%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slateng 01 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan. Saran untuk penelitian ini bagi guru, diharapkan untuk menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa agar hasil belajar yang dicapai oleh siswa dapat meningkat dan dapat memenuhi KKM.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25468
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository