PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Gerak Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2009/2010)
Abstract
Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit karena banyak
terdapat rumus-rumus dan konsepnya bersifat abstrak. Saat ini dalam proses
pembelajaran fisika, banyak guru yang masih menggunakan media papan tulis
sehingga media kurang bervariasi. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar
siswa kurang optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan
animasi komputer yang dapat menampilkan sesuatu yang rumit terutama fenomena
fisis yang bersifat abstrak agar dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan
permasalahan yaitu: 1) bagaimanakah pengaruh penggunaan animasi komputer dalam
pembelajaran fisika terhadap peningkatan hasil belajar siswa pokok bahasan gerak
kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010?, 2)
bagaimanakah efektivitas pembelajaran fisika menggunakan animasi komputer pada
pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran
2009/2010?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah 1) Mengkaji pengaruh
penggunaan animasi komputer dalam pembelajaran fisika terhadap peningkatan hasil
belajar siswa, 2) Mengkaji efektivitas pembelajaran fisika menggunakan animasi
komputer pada pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4
Jember tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang
menggunakan animasi dalam pembelajaran fisika dan VII-E sebagai kelas kontrol
yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan metode control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang
digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi komputer terhadap
peningkatan hasil belajar siswa yaitu menggunakan uji t, tetapi sebelumya data diuji
dengan uji normalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
menggunakan animasi komputer adalah menggunakan rumus prosentase efektivitas
pembelajaran.
Hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa nilai t pada equal variance
assumed adalah 4,138 dengan probabilitas 0,00. Karena probabilitas 0,00<0,05, maka
Ho ditolak. Jadi, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar
daripada kelas kontrol. Prosentase efektifitas pembelajaran menggunakan animasi
komputer menunjukkan nilai sebesar 61,29%. Berdasarkan kriteria efektivitas, hasil
prosentase yang diperoleh tergolong efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penggunaan animasi komputer
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika
pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran
2009/2010; (2) pembelajaran menggunakan animasi komputer pada pokok bahasan
gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010
tergolong efektif.