ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KREDIT KPR PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER. (STUDI PADA PERUMAHAN PONDOK GEDE PERMAI JEMBER)
Abstract
Pembangunan perumahan di Indonesia khususnya pembangunan
perumahan sederhana dilaksanakan dengan bantuan langsung maupun dengan
bantuan tidak langsung dari pemerintah. Bantuan pemerintah secara langsung
yaitu dengan menunjuk perusahaan umum Pembangunan Perumahan Nasional
(perumnas). Bantuan pemerintah secara tidak langsung dilakukan oleh developer
swasta yang dibiayai dari dana bank. Salah satu bank yang ditunjuk pemerintah
adalah PT. Bank Tabungan Negara (Persero). Penyediaan Kredit Pemilikan
Rumah (KPR) oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) dimanfaatkan oleh
perusahaan pengembang untuk bekerjasama dalam menyediakan hunian bagi
masyarakat.
PT Gunung Batu Utama adalah salah satu perusahaan pengembang
perumahan yang menyediakan pelayanan kredit rumah kepada masyarakat
Jember. Eksplorasi terhadap bauran pemasaran sangat penting karena akan
berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Artinya, perilaku konsumen terjadi atas
modal yang diberikan perusahan akan dibentuk oleh bagaimana perusahaan
tersebut merencanakan bauran pemasaran yang tepat. Untuk mengetahui bauran
pemasaran yang tepat, perusahaan perlu menganalisa faktor-faktor yang
memengaruhi perilaku konsumen dalam tiap tahap pembelian.
Penelitian ini menitikberatkan pada analisis faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen mengambil KPR sehingga dari analisis tersebut dapat diteliti
faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Tujuan dari
penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Mengetahui dan menganalisis faktor perilaku
konsumen yang memengaruhi dalam mengambil kredit KPR PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) Cabang Jember, (2) Mengetahui dan menganalisis faktor
perilaku konsumen yang paling dominan memengaruhi keputusan konsumen
mengambil kredit KPR PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 17 variabel manifes
(14 variabel bebas dan 3 variabel terikat). Variabel bebas terdiri dari beberapa
faktor yaitu faktor 7P bauran pemasaran, faktor pribadi dan faktor budaya,
sedangkan variabel terikat merupakan keputusan membeli rumah.
Populasi penelitian ini adalah orang yang mengambil KPR PT. Bank
Tabungan Negara pada perumahan Pondok Gede Permai. Jumlah responden
sebanyak 80 diambil dengan metode non probability sampling menggunakan pertimbangan 4-5 kali jumlah 17 variabel manifes yaitu (antara 68 – 85
responden).
Data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi pendekatan
konfirmatori. Hasil analisis mendukung tiga hipotesis yang diajukandalam
penelitian ini, yaitu bauran pemasaran berpengaruh signifikan dalam pengambilan
keputusan pembelian rumah, faktor pribadi berpengaruh signifikan dalam
pengambilan keputusan pembelian rumah dan faktor budaya berpengaruh
signifikan dalam pengambilan keputusan pembelian rumah.