• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA DI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 3 SDN SUCI 03 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010 / 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Istikomah-FKIP.pdf (479.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Istikomah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah Indonesia, khususnya Departemen Pendidikan Nasional berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika, melalui peningkatan kualitas guru dengan penataran–penataran serta peningkatan prestasi belajar siswa melalui peningkatan standar minimal nilai ujian nasional untuk kelulusan pada mata pelajaran matematika. Namun prestasi belajar matematika siswa pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah masih jauh dari harapan. Salah satunya terlihat dari prestasi wakil–wakil Indonesia yang merupakan siswa terbaik untuk mengikuti Olimpiade Matematika Internasional (OMI) yang diikuti mulai tahun 1988 hingga tahun 2008 hanya mendapat 1 perak, 10 perunggu dan 16 honorable mentions (Miratani, 2008:6). Hal ini merupakan indikasi bahwa prestasi dan tingkat pemahaman matematika siswa Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masih sering dilaksanakannya pembelajaran matematika dengan cara konvensional, yaitu ceramah tanpa diselingi dengan metode pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadikan siswa sebagai penerima ilmu pasif tanpa berkesempatan aktif menemukan sendiri konsep dalam matematika. Aktivitas siswa hanya mendengarkan ceramah guru, mencatat materi dan mengerjakan soal–soal rutin yang kurang melatih daya nalar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini akan semakin menjauhkan siswa dari pemahaman konsep matematika. Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran berindikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Menurut Hudoyo (dalam Purwanto, 2007:3), matematika adalah ilmu yang berkaitan dengan konsep–konsep abstrak. Keabstrakan itu akan sulit dipahami siswa jika metode pembelajarannya kurang tepat. Ketidaktepatan tersebut akan menyebabkan rendahnya pemahaman dan minat belajar matematika pada siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25122
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository