PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN UNIT PEMASARAN PADA ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BRANCH OFFICE JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin mendeskripsikan produktivitas kerja karyawan
unit pemasaran pada asuransi Jiwasraya (Persero) Branch Office Jember. Pengukuran
produktivitas kerja karyawan suatu cara untuk melihat peningkatan atau penurunan
yang terjadi dari dalam perusahaan. Sarana manajemen untuk menganalisis dan
mendorong efektivitas dan efisiensi. Produktivitas kerja karyawan pemasaran
Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch Office Jember sangatlah tinggi.
Metode penelitian ini adalah metode empiris, menggunakan tipe penelitian
deskriptif. Tahap-tahap persiapan meliputi penentuan daerah penelitian, observasi
pendahuluan, studi kepustakaan, penentuan populasi dan penarikan sampel. Penelitian
ini menggunakan popolasi karyawan unit pemasaran pada Asuransi Jiwasraya
(Persero) Branch Office Jember yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan
sampel adalah sampel jenuh, yaitu 20 orang. Tahap pengumpulan data terdiri dari
teknik observasi, kuesioner, teknik dokumentasi, teknik wawancara. Langkah –
langkah yang dilakukan dalam tahap pemeriksaan data adalah melalui pemeriksaan
data yang dilakukan setelah data kuesioner terkumpul.
Metode analisis dalam penelitian ini adalah tabulasi. Data hasil penelitian
dianalisis dengan tabulasi frekuensi. Asuransi adalah jaminan keuangan ketika
kehidupan dihadapkan dengan resiko. Resiko-resiko tersebut diantaranya pertama,
resiko yang mungkin terjadi atau mungkin tidak akan pernah terjadi, seperti
kecelakaan, sakit dan sebagainya. Kedua, resiko yang pasti terjadi tetapi entah kapan
akan terjadi, seperti meninggal dunia. Guna menanggulangi resiko ekonomi yang
ditimbulkan oleh resiko-resiko tersebut, peran asuransi sangatlah penting bagi
kehidupan umat manusia. Diketahui dari hasil analisis bahwa produktivitas kerja karyawan unit pemasaran Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch office Jember sangat
tinggi.