PELAKSANAAN ADMINISTRASI KREDIT USAHA MIKRO PADA BADAN KREDIT DESA (BKD) JEMBER
Abstract
Dari Hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada Badan Kredit Desa (BKD)
Jember mengenai pelaksanaan Administrasi Kredit Usaha Mikro pada tanggal 14 Februari –
16 Maret 2011, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1. Ujung tombak dari aspek administrasi dan pemasaran Badan Kredit Desa adalah Juru
Tata Usaha atau JTU, Komisi 1, komisi 2 dan Komisi 3 dimana 3 staff tersebut berhadapan
langsung dengan nasabah terutama komisi baik komisi 1, komisi 2 dan komisi 3 yang
notabene mengerti dengan karakteristik masyarakat karena komisi-komisi tersebut harus
diangkat dari masyarakat sekitar Badan Kredit Desa. Namun tidak menutup kemungkinan
seluruh staff yang ada pada Badan Kredit Desa juga melakukan pemasaran.
2. Strategi Promosi yang digunakan oleh Badan Kredit Desa adalah:
a. Promosi dari orang ke orang (gethok tular)
b. Promosi Door to Door (dari rumah ke rumah)
3. Dalam kegiatannya Badan Kredit Desa melakukan 3 (tiga) strategi yakni:
a. Tepat Orang
b. Tepat Jumlah
c. Tepat Waktu