• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN SEGITIGA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 4 TANGGUL TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-irmarahmaw-7249-1-irmarah-ikk_1fkip.pdf (548.5Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    RMA RAHMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran yang melibatkan kelompok yang dalam pengelompokannya menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Aktivitas siswa, lingkungan belajar, materi pelajaran, harus dirancang sedemikian rupa dengan tujuan agar siswa dapat lebih aktif dalam pengkonstruksian kembali pengetahuan untuk dirinya sendiri. Seorang guru tidak hanya sebagai pengajar atau penyampai ilmu tapi juga sebagai seorang fasilitator. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktifitas siswa, berapakah persentase ketuntasan hasil belajar siswa, dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa tidak tuntas belajar perseorangan dalam pembelajaran kooperatif pokok bahasan Segitiga pada siswa kelas VIIA semester II SMP Negeri 4 Tanggul tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 8 Mei 2009 sampai dengan 14 Mei 2009. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Tanggul tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil dari persentase keaktifan yang dicapai selama 3 kali pembelajaran yaitu pada pertemuan I 80%; pertemuan II 85%; dan pertemuan III 87,5% dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat mengaktifkan siswa. Dari hasil analisis, telah didapat bahwa ketuntasan secara klasikal yang dicapai pada siklus pertama sebesar 86,25% dan dari hasil wawancara dengan 3 orang siswa yang tidak tuntas maka dapat diketahui bahwa fakta yang dapat mengakibatkan siswa tidak tuntas belajar perseorangan. Fakta tersebut adalah siswa kurang paham dengan materi pelajaran yang dipelajari dikarenakan siswa malu dan takut untuk bertanya pada temannya, siswa ceroboh dalam mengerjakan soal, keinginan siswa untuk segera beristirahat, siswa merasa tidak terbiasa dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini. Saran yang diberikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini sebaiknya dijadikan alternatif pendekatan dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24710
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository