• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PROSESNYA MELALUI METODE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN WRINGINAGUNG 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-irmapriyan-10007-1-irmapri-ikk_1fkip.pdf (661.3Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Irma Priyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN Wringinagung 03 masih rendah. Metode yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan dari segi media pembelajaran guru jarang menggunakan media, padahal penggunaan suatu media dalam pelaksanaan pengajaran akan membantu kelancaran, efektivitas, dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa jarang mendapatkan kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran mereka hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga membuat siswa pasif dalam belajar hal ini menyebabkan hasil belajar IPA rendah. Siswa belajar aktif ketika mereka secara terus menerus terlibat secara mental dan fisik, dampak dari pembelajaran aktif adalah penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat, efektif. Dalam pembelajaran aktif siswa benar-benar ikut terlibat dan menjadi bagian dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan metode picture and picture dengan media visual merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran IPA yang aktif. Pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dilakukan dengan cara memperlihatkan gambargambar yang sesuai dengan materi pembelajaran, kemudian guru menunjuk siswa secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Dengan cara pembelajaran seperti ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan siswa aktif mengikuti pembelajaran serta merasa terlibat dan menjadi bagian dari proses pembelajaran. Bedasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti mengangkat permasalahan; bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan lingkungan Fisik dan Prosesnya dengan menggunakan Metode Picture and picture dan media visual pada siswa kelas IV SDN wringinagung 03? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Wringinagung 03 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24705
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository