Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Cooperative Learning tipe NHT Di KelasV SDN Kaliwining 02 Kab. Jember Tahun Pelajaran 2009/2010
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS
dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton yaitu
ceramah dan penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pelajaran IPS
hanyalah bersifat hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya aktifvitas siswa
dalam proses belajar yang ditunjukkan dengan berbicara sendiri dengan teman
sebangku cenderung diam dan tidak aktif kurang bergairah dan malas terlibat
dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk
mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode dan model
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik
siswa.
Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memberikan kodisi
belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas
siswa, membantu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, karena pada dasarnya
karakteristik siswa kelas V adalah siswa yang mempunyai kebiasaan
berkelompok-kelompok dengan teman satu kelasnya dan dengan interaksi sosial
itulah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan
belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam
menyelesaikan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model cooperative
learning tipe NHT di kelas V SDN Kaliwining 02 Kab. Jember Tahun Pelajaran
2009/2010 (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kaliwining
02 Kab. Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui penerapan model cooperative
learning tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kaliwning 02 Kab. Jember
yang terdiri dari 26 siswa, 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 3 Maret 2010 sampai 13 Maret
2010 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kaliwining 02 Kabupaten Jember.
Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes
individu. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 57,69% aktivitas guru mencapai
60%, serta tes individu mencapai 61,54%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara
klasikal mencapai 80,76%, aktivitas guru mencapai 90%, serta tes individu mencapai
84,62%.
Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus II tersebut, maka
siswa kelas V telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Karena kelas
dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 75% yang telah mencapai skor 65.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan
Penjajah. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat menciptakan suasana
belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan
hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling
membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan
keakraban siswa.