Show simple item record

dc.contributor.authorTitin Agustin
dc.date.accessioned2014-01-26T22:23:58Z
dc.date.available2014-01-26T22:23:58Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24434
dc.description.abstractPembelajaran matematika di sekolah terutama di sekolah dasar selama ini cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton misalnya ceramah, tanya jawab, penugasan. Siswa juga sering diminta untuk menghafal materi-materi tertentu sehingga membuat siswa merasa kurang menyenangi pelajaran matematika yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu pada materi perkalian siswa kelas III SDN Tanggul Wetan 01 tahun ajaran 2009/2010; (2) untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif dengan media kartu pada materi perkalian siswa kelas III SDN Tanggul Wetan 01 tahun ajaran 2009/2010; (3) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 01 kelas III yang terdiri dari 34 siswa, 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 19 Oktober sampai 30 Oktober dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tanggul Wetan 01 Kecamatan Tang Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Pada pertemuan I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 63,60%, aktivitas guru mencapai 80%, dan tes individu 67,65%. Pertemuan II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 73,35%, aktivitas guru mencapai 83,33%, dan tes individu 70, 59%. Pertemuan III, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 87,50%, aktivitas guru mencapai 96,67%, dan tes individu 76,47% . Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I tes akhir I mencapai 64,71% dengan rata-rata sebesar 73,68; pada siklus II tes akhir II mencapai 79,41% dengan rata-rata sebesar 84,71. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus II tersebut, siswa kelas III telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 75% yang telah mencapai skor 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perkalian. Kendala yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran adalah pada saat pembentukan kelompok, yaitu terdapat beberapa siswa yang tidak mau berkelompok dengan siswa yang selalu diam saja di dalam kelas; pada saat permainan kartu siswa cenderung ramai dan gaduh. Selain itu, siswa merasa kesulitan mencari pertanyaan dari kartu jawaban yang muncul pada saat bermain kartu. Dalam hal ini, guru mengatasi masalah tersebut dengan cara menjelaskan kepada siswa bahwa dalam kartu jawaban tersebut angka 4 berulang sebanyak 3 kali, maka dapat diketahui bahwa pertanyaan dari kartu jawaban tersebut adalah 3 x 4. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu ini dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi perkalian yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar kelompok, dan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204192; 2009;
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Media Kartu pada Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Tanggul Wetan Semester Ganjil 01 Tahun Ajaran 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record