• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif dengan Peta Keterkaitan Konsep (PKK) Sub Pokok Bahasan Perbandingan pada Siswa Kelas VIIB Semester 1 SMP Muhammadiyah I Jember Tahun Ajaran 2006/2007

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-estyyanuar_1.pdf (167.2Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Esty Yanuarizka Utami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika sebagai ilmu deduktif, dalam proses menurunkan/merumuskan konsep/prinsip matematika dapat dimungkinkan menggunakan proses induktif. Model pembelajaran berpikir induktif adalah pola belajar-mengajar yang dirancang untuk mengembangkan proses berpikir secara induktif. Dalam proses berpikir tersebut telah dirancang jalan penalaran setapak demi setapak yang untuk mengikuti alur berpikir tersebut sangat penting sebab kekuatan berpikir mengikuti hukum perkembangan berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep; dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 21 Desember 2006 sampai 31 Desember 2006 dengan subjek penelitian siswa kelas VIIB semester I SMP Muhammadiyah I Jember tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep (PKK) berjalan dengan baik sesuai dengan teori pembelajaran. Pembelajaran ini mampu melatih siswa menemukan konsep secara ilmiah yaitu siswa dapat membentuk pengertian suatu konsep matematika sendiri, menginterpretasi data yang diperoleh dan menerapkan prinsip-prinsip konsep yang terbentuk itu untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Untuk membantu siswa melewati tahaptahap belajar induktif tersebut, dalam pembelajaran ini diberikan LKS. Pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep (PKK) menunjukkan aktivitas siswa yang tinggi. Keaktifan siswa dari pembelajaran pertama ke pembelajaran kedua mengalami peningkatan, aktivitas siswa yang diamati secara visual meningkat sebesar 9,55% yaitu 89,06%. Sedangkan aktivitas siswa yang diamati dari pekerjaannya menunjukkan peningkatan sebesar 4,05% yaitu 86,60%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada siklus pertama dengan persentase sebesar 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep (PKK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam penentuan model pembelajaran. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24431
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository