• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    gdl0 (63)_1.pdf (348.9Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    DINA TIRANI SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan kini sebenarnya telah dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan. Mulai dari peningkatan kualitas pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, menengah, sampai dengan perguruan tinggi. Salah satu upaya yang kini sedang disosialisasikan dan dianggap tepat adalah melalui Total Quality Management. Total Quality Management masuk dalam bidang pendidikan pada sekitar tahun 1980. Utamanya dilaksanakan di perguruan tinggi hingga pendidikan dasar. Upaya itu terus menerus meningkat di Inggris dan Amerika pada tahun 1990. Fokus utamanya pada peningkatan kualitas pendidikan melalui reorganisasi praktik pendidikan. Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang berusaha memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungannya. Upaya mewujudkan sekolah yang bermutu terpadu lembaga pendidikan dituntut untuk berfokus kepada pelanggannya, memaksimalkan keterlibatan total semua warga, adanya respek terhadap setiap orang dan mengadakan perbaikan mutu pendidikan berkesinambungan. Pada penelitian ini Total Quality Management dalam Lembaga Pendidikan diukur berdasarkan pelaksanaan empat prinsip utama Total Quality Management yang dirumuskan oleh Hensler dan Brunell dalam Nurochim (2007), yaitu : fokus kepada pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan data primer yaitu kuesioner, sedangkan objek penelitiannya adalah Universitas Jember. Dari pengujian terhadap empat hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara simultan penerapan prinsip-prinsip umum dalam Total Quality Management mampu meningkatkan kualitas dari organisasi yang menerapkannya. Namun secara parsial, tidak semua prinsip-prinsip dalam Total Quality Management mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas organisasi. Hanya variabel fokus pada pelanggan dan manajemen berdasarkan fakta yang berpengaruh positif terhadap kualitas organisasi, sedangkan respek terhadap setiap orang berpengaruh negatif terhadap kualitas organisasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24368
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository