ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK HANDPHONE DI WILAYAH KECAMATAN KOTA LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Segmentasi Pasar Produk Handphone
Di Wilayah Kecamatan Kota Lamongan”. Dalam hal ini objek yang diteliti adalah
handphone denga merek Nokia, Sony Ericson dan Samsung. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui dan menganalisis segmen pasar handphone berdasarkan atribut
produk dan merek produk handphone apa saja yang ada pada masing- masing
segmen. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner
pada responden yang pernah menggunakan produk Nokia, Sony Ericson dan
Samsung di Wilayah Kecamatan Kota Lamongan.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah alat
analisis pengujian instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas yang dilanjutkan
metode Analisis Cluster. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan
metode Analisis Cluster, menunjukkan bahwa variabel berdasarkan atribut
produk meghasilkan 3