Analisis Tingkat Kepentingan Konsumen PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Tingkat Kepentingan
Dari Importance-Performance Analysis diungkapkan bahwa faktor yang
seharusnya menjadi prioritas dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu :
karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember
berkompetensi dalam bidangnya, karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara
Tour dan Travel Jember memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen
dengan jelas, karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel
Jember menguasai rute perjalanan yang berada pada kuadran A, karena tingkat
kepentingan kepentingan konsumen yang tinggi tidak disertai dengan kinerja
perusahaan yang tinggi pula. Untuk item-item kondisi kendaraan PT. Nuansa
Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember sudah memadai, fasilitas dalam
kendaraan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember berfungsi
dengan baik, sarana penginapan yang disediakan PT. Nuansa Wisata Prima
Nusantara Tour dan Travel Jember sudah memadai, sikap karyawan PT. Nuansa
Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember professional dalam menjalankan
tugasnya, kenyaman konsumen saat berwisata di objek wisata, dan sikap
karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember bersikap
sopan selama perjalanan, dalam kuadran B ini perlu dipertahankan, karena pada
umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan
konsumen. Untuk item-item karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour
dan Travel Jember melayani konsumen dengan sungguh-sungguh, karyawan PT.
Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember mau membantu
kesulitan konsumen, karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan
Travel Jember selalu bersikap ramah ketika memberikan pelayanan, karyawan PT.
Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember dapat memahami
keinginan konsumen, karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan
Travel Jember menanggapi keluhan konsumen dengan sabar, dalam kuadran C ini
dinilai penting oleh komsumen namun kualitas pelayannya biasa-biasa saja. Untuk
item karyawan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour dan Travel Jember
berpakaian bersih dan rapi, dan selama dalam perjalanan konsumen merasa aman,
dalam kuadran D dinilai berlebihan dalam pelaksanaannya, hal ini disebabkan
karena konsumen menganggap tidak terlalu penting terhadap adanya atribut
tersebut, akan tetapi pelaksanaannya dilakukan dengan baik oleh perusahaan.