• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Dentistry
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Dentistry
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN STANDAR PELAYANAN DAN PEMANFAATAN PERALATAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (97)processed_1.pdf (135.3Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    ADITA FAJARNINGRUM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mutu pelayanan dalam bidang kesehatan lebih mengarah kepada pelayanan yang mengacu kepada kemampuan rumah sakit untuk memberikan pelayanan sesuai dengan standar profesi kesehatan dan dapat diterima oleh pasiennya. Penelitian dilakukan di RSGM FKG UNEJ dengan mengambil sampel pasien yang merawatkan giginya di klinik Konservasi, Bedah Mulut, Oral Medicine dan Periodonsia. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuisioner yang berisi tentang pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pasien setelah merawatkan gigi di RSGM. Variabel lain yang juga diteliti yaitu mengenai pemanfaatan dental chair dan standar pelayanan yang ada di RSGM, nantinya akan dihubungkan antara kepuasan pasien dengan standar pelayanan dan pemanfaatan dental chair. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2007 di RSGM FKG UNEJ. Sampel penelitian sebanyak 91 orang yang diminta untuk mengisi kuisioner yang berisi 27 pertanyaan. Data mengenai jumlah dental chair dan standar pelayanan diambil dari data rekam medik. Data dianalisa menggunakan Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi mutu pelayanan dengan standar pelayanan (jam pelayanan) ditandai dengan adanya nilai r=0,213 dan p=0,042. Hubungan antara persepsi mutu pelayanan dan standar pelayanan (sarana) menunjukkan hasil yang tidak signifikan yaitu dengan nilai r=-0,165 dan nilai p=0,215. Hubungan yang signifikan antara persepsi mutu pelayanan dengan pemanfaatan peralatan yang ditandai dengan nilai r=0,313 dan p=0,003. Hal ini berarti bahwa bila peralatan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka kepuasan dari pasien juga akan meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24157
    Collections
    • UT-Faculty of Dentistry [2111]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository