• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL LEARNING GAMES MENGGUNAKAN GAMBAR DIAM DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (208)x_1.pdf (307.1Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    FENY MAGHFIROH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa kesulitan yang dialami guru dan siswa selama proses belajar-mengajar. Kesulitan-kesulitan tersebut yaitu siswa kurang terlibat penuh dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran Learning Games menggunakan Gambar Diam. Learning Games merupakan suatu cara untuk mencapai indikator dalam proses pembelajaran melalui pertanyaanpertanyaan. Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat meningkatkan proses berpfikir siswa, menyingkirkan “keseriusan”yang menghambat, menghilangkan stres dalam lingkungan belajar, mengajak siswa terlibat penuh, meningkatkan proses belajar, dan menambah variasi, semangat, dan minat pada sebagian program belajar. Rumusan masalah dari penelitisn ini adalah bagaimanakah penerapan Learning Games menggunakan gambar diam pada mata pelajaarn IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Learning Games menggunakan Gambar Diam mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Learning Games menggunakan Gambar Diam pada mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Peasawat Sederhana, dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan Learning Games pada mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 01 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Jumlah seluruh siswa kelas V adalah sebanyak 23 siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I dan II melalui metode tes, hasil observasi kegiatan siswa pada aspek afektif dan psikomotorik melalui metode observasi serta hasil wawancara terhadap guru dan siswa melalui metode wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 69.56% pada aspek kognitif, 74,40% pada aspek afektif, dan 72,94% pada aspek psikomotorik. Pada siklus II, persentase hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 86,95%, pada aspek afektif 83,57% dan pada aspek psikomotorik sebesar 83,09%. Hasil belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari siklus I, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA pada pokok bahasan Pesawat Sederhana melalui pembelajaran Learning Games Menggunakan Gambar Diam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Jember, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat mangadopsi model Learning Games pada pokok bahasan yang berbeda, mata pelajaran lain maupun jenjang pendidikan yang lain serta memvariasikan dengan pembelajaran di luar kelas. Selain itu, kepala sekolah dapat menggunakannya untuk pembinaan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dan sebagai alternatif peningkatan kualitas mutu pendidikan. Sedangkan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbed
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24071
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository