• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aktivitas dan Potensi Ekonomi Daerah Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Larning) pada Siswa Kelas IV SDN Kepatihing 03 Kaliwates – Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2010 - 2011

    Thumbnail
    View/Open
    usmanhadiy_1.pdf (390.0Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    SANTOSO, Usman Hadiyono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang mengedepankan berpikir logis dan analitis. Selain itu pada pembelajaran IPS dikembangkan sikap sosial. Pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kepatihan 03 jarang sekali terjadi interaksi antar siswa dan pengembangan berpikir logis dan analitis. Oleh sebab itu hasil belajar siswa belum tuntas. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang aktivitas dan potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. (2) Peningkatan aktivitas hasil siswa pada pembelajaran IPS tentang aktivitas dan potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif Pengambilan data dimulai pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan, kerjasama dalam kelompok dan peran dalam kelompok selama pembelajaran. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada cukup aktif, pada siklus II meningkat pada kategori aktif. Hasil tes tulis menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada prasiklus porsentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Siklus I sebesar 66,67% terjadi peningkatan sebesar 26,67%. Pada siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 84,44%, terjadi peningkatan sebesar 17,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi materi aktivitas dan potensi ekonomi daerah melalui pendekatan CTL
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24014
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository