• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI HASIL PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROPES

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Suryani-FKIP.pdf (438.8Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Irma Suryani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya hasil belajar fisika selama ini diantaranya disebabkan oleh kurang cocoknya model pembelajaran yang digunakan dengan karakteristik ilmu fisika. Kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada guru sementara siswa cenderung pasif. Selain itu, dengan alasan banyaknya kendala dan keterbatasan peralatan laboratorium, sangat umum terjadi pembelajaran “sastra MIPA” atau “inherited language science” dengan ceramah menjadi metode utamanya. Akibatnya siswa sering cepat merasa bosan dalam belajar dan menjadikan fisika sebagai mata pelajaran yang kurang digemari karena kurang termotivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model ROPES dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa, serta mengkaji seberapa besar efektifitas pembelajaran dengan menggunakan model ROPES. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember. Responden penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pola control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ROPES dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional, serta diperoleh tingkat aktifitas dan efektifitas yang tinggi dalam pembelajaran fisika menggunakan model ROPES.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23817
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository