ANALISIS LOYALITAS MEREK DAN PERPINDAHAN MEREK PADA DETERJEN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Loyalitas Merek Dan Perpindahan Merek pada
Deterjen di Kabupaten Jember”, dan untuk menganalisis kemungkinana
perpindahan merek deterjen merek Rinso, Attack dan So Klin di Wilayah Kota
Jember. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari responden atas
kuesioner yang telah dibagikan kepada masyarakat Jember yang sedang
menggunakan deterejen merek Rinso, Attack dan So Klin. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan Purpose Sampling, dengan jumlah
sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis
pengujian instrumen, yaitu uji validitas Person Product Moment, uji Reability
Cronbach’s Alpha. Metode analisisi data yang digunakan adalah rata-rata, standar
deviasi, Piramida Brand Loyalty dan Brand Switching Pattern Matrix.
Berdasarkan analisis Brand Loyalty (Loyalitas merek) deterjen merek Rinso,
Attack dan So Klin telah memiliki tingkat loyalitas merek yang mendekati tingkat
loyalitas merek yang kuat. Deterjen merek Rinso memiliki konsumen terbanyak
pada tingkat Liking The Brand sebesar 64%, deterjen Attack memiliki konsumen
terbanyak pada tingkat Liking The Brand sebesar 68.6% dan deterjen So Klin
memiliki konsumen terbanyak pada tingkat Liking The Brand sebesar 55%.
Berdasarkan matrik perpindahan merek (Brand Switching Pattern Matrix),
deterjen Rinso memiliki tingkat kemungkinan perpindahan merek sebesar
57,59%, deterjen Attack memiliki tingkat kemungkinan perpindahan merek
sebesar 55,96% dan deterejen So Klin memiliki tingkat kemungkinan perpindahan
merek sebesar 91,63%. Berdasarkan piramida brand loyalty deterjen Rinso
memiliki jumlah konsumen terbanyak pada tingkat Liking the Brand sebesar 64%,
deterjen Attack memiliki jumlah konsumen terbanyak pada tingkat Liking the
Brand sebesar 68,6% dan deterjen So Klin memiliki jumlah konsumen terbanyak
pada tingkat Liking the Brand sebesar 55%.
Kata Kunci : Brand Loyalty (Loyalitas Merek), Piramida Brand Loyalty, Brand
Switching Pattern Matrix.