• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA APRON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDN JATISARI 02 KEDUNGJAJANG – LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (35)processed_1.pdf (118.0Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ABD. ROHIM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat dasar bertujuan sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru, dan bersifat verbal, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan pemahaman tata surya pada pembelajaran IPA melalui penerapan metode bermain peran dengan media apron, pada siswa kelas VI Jatisari 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, (2) mengetahui aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya melalui penerapan metode bermain peran dengan media apron pada siswa kelas VI SDN Jatisari 02.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatisari 02 Kelas VI yang terdiri dari 15 siswa, 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 20 Pebruari 2010 sampai 10 Juni 2010, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Jatisari 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran tata surya dengan menggunakan metode bermain peran dengan media apron adalah: pada siklus I prosentase hasil belajar siswa dengan kriteria tuntas sebesar 60%; siklus II sebesar 80%. Dari hasil tersebut ada peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi tata surya melalui penerapan metode bermain peran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23696
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository