IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Observasi awal menunjukkan adanya permasalahan dalam IPS yaitu
rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB dikarenakan pada saat proses
pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan, mencatat dan mematuhi
perintah guru, sehingga siswa merasa bosan, dan kebanyakan guru hanya
menggunakan metode ceramah tanpa memadukan dengan metode yang lainnya
sehingga siswa tidak memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru itulah yang
menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak mencapai standar
ketuntasan belajar klasikal. Masalah tersebut perlu diatasi agar siswa aktif dalam
pembelajaran dan hasil belajarnya meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe (student team achievement division) STAD. Alasan
dipilihnya metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini karena dalam
pengimplementasiannya siswa dituntut untuk bekerjasama dalam satu kelompok dan
megeluarkan pendapat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga
mereka bisa mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan alasan yang dikemukakan,
penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu, 1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPS pokok bahasan perekonomian masyarakat dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas IVB SDN Sumberjati 01 Jember 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar
IPS pokok bahasan perekonomian masyarakat dengan penerapan pembelajaran
kooperatif tipe student team achievement division STAD pada siswa kelas IVB SDN
Sumberjati 01. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVB pokok
bahasan perekonomian masyarakat di SDN Sumberjati 01dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan
kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi,
dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap nilai tes siklus I dan nilai
tes siklus II, dan hasil analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS
berlangsung.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pokok bahasan
perekonomian masyarakat pada dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar
pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II
aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus
II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II
dilakukan sebagai pemantapan.
Saran Bagi guru agar dapat menerapkan metode pembelajaran tipe STAD
pada mata pelajaran lain dengan teknik mengajar dan pemilihan media pembelajaran
yang dianggap cocok dan yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan.
Bagi siswa dalam belajar secara berkelompok hendaknya siswa harus aktif dan
bekerja secara bersana-sama, apabila ada teman dalam satu kelompok yang kurang
mengerti maka teman yang lain harus membantu supaya dapat menyelesaikan tugas
dengan baik. Bagi peneliti lain, agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
rujukan dalam melakukan penelitian yang sejenis.