• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad disertai Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Kelas X di SMA Negeri 4 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    r (198)r_1.pdf (322.1Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    SUSANTI, Andinilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat memproses informai serta dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual. Penguasaan konten fisika secara benar dapat dilakukan melalui penguasaan fisika secara multirepresentasi yaitu secara representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD disertai Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas X. Sampel ditentukan menggunakan metode kelas purposive sampling area melalui teknik pengundian kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain random pretest post test. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah beda test untuk menjawab semua rumusan masalahnya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap kemampuan representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika berbasis multi representasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23506
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15430]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository