Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Abstract
Aktivitas belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan
penerapan suatu model pembelajaran. Aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran
Ekonomi di SMA Negeri Ambulu Nampak masih kurang aktif. Hal ini ditunjukkan
dengan sedikitnya jumlah siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan setiap kali
kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal lain yang menjadi permasalahan di
sekolah tersebut . Kondisi terse
but khususnya terjadi pada kelas X 3. Realita di atas
menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna memecahkan masalah
yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah model
pembelajaran dari model konvensional ke model talking stick yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif ke aktif
Model Talking stick merupakan model pembelajaran yang menggukan
konsep permainan saat melakukan pembelajaran sehingga guru mampu menciptakan
suasana yang menyenangkan, menggairahkan dan mendorong siswa untuk berani
mengajukan pendapat
. Dengan demikian model Talking stick sebagai salah satu
pembaharuan pembelajaran, menyajikan pembelajaran yang menyenang kan dan
untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Hal ini termasuk cara merancang
pembelajaran, menyampaikan bahan pembelajaran, dan menyederhanakan proses
belajar sehingga memudahkan proses belajar siswa. Tujuan pokok pembelajaran
talking stick yaitu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar
yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.