PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII F di SMPN 1 Pujer Bondowoso Mata Pelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Pasar Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Penerapan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu untuk
mempermudah proses pembelajaran dan dapat mencapai hasil yang optimal. Tanpa
strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai secara
optimal. Berdasarkan hasil
observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pujer diketahui bahwa proses belajar
mengajar masih kurang sesuai yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam
mengikuti pelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana
penerapan strategi ARCS pada pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIIIF SMPN 1
Pujer?; Bagaimana penerapan strategi ARCS
pada pokok bahasan pasar dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIF SMP Negeri 1 Pujer?;
Bagaimana penerapan strategi ARCS
pada pokok bahasan pasar dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada kelas VIIIF SMP Negeri 1 Pujer?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan strategi ARCS dan untuk meningkatkan motivasi
serta hasil belajar siswa pada pokok bahasan pasar.
Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Pujer
Bondowoso masih tergolong rendah, selain itu, hasil belajar siswa pada mata
pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Untuk itu, guru
perlu mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa sekaligus hasil belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat
meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah strategi ARCS. Strategi ARC
S dikembangkan oleh Keller (1987) yang merupakan strategi merancang
pembelajaran tentang cara menjaga, mengelola, meningkatkan motivasi untuk
mempengaruhi motivasi belajar dan peningkatan hasil belajar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive,
yaitu pada kelas VIIIF di SMPN 1 Pujer Bondowoso. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ARCS dapat
meningkatkan motivasi dan hasil b
elajar siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pujer
Bondowoso pada mata pelajaran IPS Terpadu pokok bahasan pasar semester ganjil
tahun ajaran 2011-2012. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut dapat dilihat
dari skor rata – rata yang diperoleh dari sebelum tindakan yaitu 2,49 kategori rendah,
siklus 1 sebesar 2,84 kategori sedan
g dan pada siklus 2 sebesar 3,41 kategori tinggi.
Hal ini berarti motivasi belajar siswa meningkat. Peningkatan pada hasil belajar juga
menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan sebelum tindakan sebesar 48,48 % ,
ketuntasan pada siklus 1 sebesar 63,64% serta ketuntasan hasil belajar siswa sebesar
81,81%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada penerapan strategi ARCS dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VIII-F SMPN 1 Pujer Bondowoso. Saran yang dapat diberikan adalah apabila ingin
menerapkan strategi ini sebaiknya melihat karakteristik dan permasalahan siswa serta
memilih materi pelajaran (pokok bahasan) yang sesuai dengan metode pembelajaran
yang digunakan serta sesuai dengan alokasi waktu yang ada.