• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK ROKOK MILD BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    M. Ayson Teguh Alfian - 080810201057 _1.pdf (374.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    M. Ayson Teguh Alfian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Analisis Segmentasi Pasar Produk Rokok Mild Berdasarkan Atribut Produk di Kabupaten Jember. Atribut produk dalam penelitian ini adalah merek, kemasan, harga, cita rasa, kadar tar dan nikotin, dan aroma. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmentasi pasar rokok mild berdasarkan atribut produk, merek rokok mild apa saja yang ada pada masingmasing segmen, produk merek rokok mild apa yang paling diminati oleh konsumen dan menentukan atribut apa yang membedakan segmentasi pasar rokok mild di kabupaten jember. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling untuk mendapatkan sampel, jumlah sampel yang diambil 105 responden. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna rokok mild di Kabupaten Jember periode tahun 2013. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengamatan pada konsumen pengguna rokok mild di Jember periode tahun 2013. Hasil yang diperoleh bahwa analisis segmentasi pasar dari produk rokok mild berdasarkan atribut produk di Kabupaten Jember didasarkan pada hasil analisis cluster dapat dilihat bahwa konsumen rokok mild di Jember dibagi menjadi dua segmen. Segmen 1 adalah segmen yang kurang memperhatikan atribut produk rokok mild (kurang selektif). Sementara segmen 2 adalah konsumen rokok mild yang selektif dalam memilih rokok, yang berarti bahwa mereka membeli rokok mild dengan mempertimbangkan atribut yang ada. Hasil analisis data menggunakan analisis diskriminan dapat diketahui bahwa nilai Wilk 's Lambda 0,263 (p = 0,000) menunjukkan bahwa konsumen di segmen 1 dan segmen konsumen 2 memiliki perbedaan perilaku yang signifikan terhadap keputusan untuk membeli produk rokok mild. Atribut yang membedakan perilaku konsumen rokok mild di segmen 1 dan segmen 2 adalah merek, kemasan, harga, rasa, aroma, juga tar dan nikotin. Hal ini menunjukkan bahwa atribut produk rokok mild merupakan bahan pertimbangan penting oleh konsumen di kabupaten jember dalam membeli rokok mild.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23305
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12448]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository