ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK ROKOK MILD BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Segmentasi Pasar Produk Rokok Mild
Berdasarkan Atribut Produk di Kabupaten Jember. Atribut produk dalam
penelitian ini adalah merek, kemasan, harga, cita rasa, kadar tar dan nikotin, dan
aroma. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmentasi pasar rokok mild
berdasarkan atribut produk, merek rokok mild apa saja yang ada pada masingmasing
segmen, produk merek rokok mild apa yang paling diminati oleh
konsumen dan menentukan atribut apa yang membedakan segmentasi pasar rokok
mild di kabupaten jember. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random
sampling untuk mendapatkan sampel, jumlah sampel yang diambil 105
responden. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna rokok mild di
Kabupaten Jember periode tahun 2013. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan pengamatan pada konsumen pengguna rokok mild di Jember
periode tahun 2013. Hasil yang diperoleh bahwa analisis segmentasi pasar dari
produk rokok mild berdasarkan atribut produk di Kabupaten Jember didasarkan
pada hasil analisis cluster dapat dilihat bahwa konsumen rokok mild di Jember
dibagi menjadi dua segmen. Segmen 1 adalah segmen yang kurang
memperhatikan atribut produk rokok mild (kurang selektif). Sementara segmen 2
adalah konsumen rokok mild yang selektif dalam memilih rokok, yang berarti
bahwa mereka membeli rokok mild dengan mempertimbangkan atribut yang ada.
Hasil analisis data menggunakan analisis diskriminan dapat diketahui bahwa nilai
Wilk 's Lambda 0,263 (p = 0,000) menunjukkan bahwa konsumen di segmen 1
dan segmen konsumen 2 memiliki perbedaan perilaku yang signifikan terhadap
keputusan untuk membeli produk rokok mild. Atribut yang membedakan perilaku
konsumen rokok mild di segmen 1 dan segmen 2 adalah merek, kemasan, harga,
rasa, aroma, juga tar dan nikotin. Hal ini menunjukkan bahwa atribut produk
rokok mild merupakan bahan pertimbangan penting oleh konsumen di kabupaten
jember dalam membeli rokok mild.