• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya Menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (343)_1.pdf (225.7Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    MERINDHA, Yushefta Jane
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Sumbersari 03 kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPA sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas IV dalam kegiatan pembelajaran masih cenderung text book oriented (berpusat pada buku teks) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa, (b) pembelajaran cenderung lebih abstrak dan menggunakan metode ceramah sehingga konsep-konsep akademik kurang bisa atau sulit dipahami, dan (c) guru yang mengajar masih kurang mempertahankan kemampuan berpikir siswa, atau dengan kata lain tidak melakukan pembelajaran bermakna, metode dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, dan sebagai akibatnya motivasi belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan, dan pola belajar cenderung menghafal. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Model Scramble digunakan dalam penelitian ini untuk membangun suasana belajar yang semula berpusat pada buku teks menjadi berpusat penerapan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat siswa lebih berminat untuk mempelajari pelajaran IPA dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih bermakna sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya setelah menggunakan model pembelajaran scramble ?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV viii SDN Sumbersari 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya setelah menggunakan model pembelajaran scramble ?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya setelah menggunakan model pembelajaran scramble, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya setelah menggunakan model pembelajaran scramble. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sumbersari 03 yang terdiri dari 28 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 12 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumbersari 03. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 50,45% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 69,64% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,32% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 72,14%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,86% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sumbersari 03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,19%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,82% dan ketuntasannya sebesar 35,72%. Oleh karena itu penelitian di SDN Sumbersari 03 tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23295
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository