• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DI SMP NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    INDRA TOFIYANA_1.pdf (1.232Mb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Indra Tofiyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi komponen-komponen pedoman penyelenggaraan program akselerasi pada kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Jember mencapai 95,5% dengan kategori sangat baik. Hal ini dikarenakan standar isi dan standar proses yang diberikan kepada siswa akselerasi berbeda dengan siswa reguler. Perbedaannya yaitu penyusunan struktur program pengajaran dengan alokasi waktu yang lebih singkat sehingga dibutuhkan perencanaan pembelajaran berupa rancangan minggu efektif, program semester, program tahunan, silabus dan RPP agar tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai. Standar isi program akselerasi menggunakan kurikulum diferensiasi yang merupakan pengembangan kurikulum standar yang biasanya ditempuh siswa kelas 7G dalam waktu tiga tahun menjadi dua tahun yaitu pada tahun pertama siswa akan mempelajari semua materi kelas 1 ditambah dengan setengah materi kelas 2. Pada tahun kedua, siswa menerima materi kelas 2 yang tersisa dan seluruh materi kelas 3. Pelaksanaan pembelajaran di kelas akselerasi menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa. Siswa-siswa di kelas akselerasi sangat aktif dan kreatif dalam pembelajaran karena menggunakan metodemetode bervariasi seperti kooperatif, CTL dan membuat LKS sendiri. Biasanya siswa selalu mencari pengetahuannya sendiri dan menyelesaikan masalah yang ada, guru hanya mengasah saja. Semua komponen yang diimplementasikan oleh SMP Negeri 3 Jember berimplikasi positif pada hasil belajar yang diperoleh siswa akselerasi yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 100%. Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan program akselerasi yaitu untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan luar biasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22939
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository