PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMAS ARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS BERMEREK DI KABUPATEN JEMBER KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS BERMEREK DI KABUPATEN JEMBER KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS BERMEREK DI KABUPATEN JEMBE
Abstract
Beras sebagai komoditas pangan pokok dikonsumsi oleh sebagian besar
masyarakat. Banyaknya produksi beras bermerek yang beredar di kabupaten
Jember menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam membeli
beras. Sebelum melakukan keputusan pembelian konsumen mengenali dengan
benar kebutuhan dan keinginannya. Pembelian beras bermerek di awali dengan
berbagai pertimbangan atas manfaat yang di peroleh dari beras bermerek tersebut.
Pertimbangan tersebut bisa dari harga beras bermerek, beras bermerek yang
menurut konsumen sesuai dengan keinginannya, promosi beras bermerek yang
gencar dan mampu membujuk konsumen untuk membelinya, ditribusi yang tepat
sehingga konsumen mudah untuk mendapatkannya. Penelitian dilaksanakan di
Kabupaten Jember pada bulan Mei 2011 hingga Agustus 2011.
Tujuan penelitian adalah mengetahui
dilakukan dengan cara convenience sampling. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak
150 responden total dari wilayah penelitian dan 30 toko beras bermerek. Alat
analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
vi
bahwa variabel produk secara keseluruhan sangat penting. Variabel harga
memiliki mayoritas skor 4 yang berarti bahwa variabel harga secara keseluruhan
penting. Variabel tempat memiliki mayoritas skor 3 yang berarti bahwa variabel
tempat secara keseluruhan cukup penting. Sedangkan untuk variabel promosi
memiliki mayoritas skor 1 yang berarti bahwa variabel promosi secara
keseluruhan kurang penting
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]