PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD LEMPENI 02 TEMPEH LUMAJANG
Abstract
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka
melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan
itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode
mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena
itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus
memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes
dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) bagaimana pembelajaran model
teknik think pair share dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Pengetahuan Sosial?
b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran Model Teknik Tink Pair Share terhadap
motivasi belajar siswa?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: Tindakan penelitian dalam perbaikan
pembelajaran yang dilaksanakan dengan kaidah PTK bertujuan untuk:
Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran Model Teknik Think-pair-
Share pada siswa kelas IV SDN Lempeni 02 Tempeh Lumajang.semester II tahun
ajaran 2009-2010