• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWAPERISTIWA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DI SD NEGERI SUGERLOR 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (132)_1.pdf (246.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Lia Nur Isnaini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sugerlor 3 Bondowoso masih kurang. Dari segi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Selain itu minat siswa untuk belajar IPS sangat kurang. Dengan mempertimbangkan karakteristik materi, karakteristik siswa dan kemampuan guru melaksanakan metode, peneliti menggunakan metode Cooperative Script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-Peristiwa Mempertahankan Kemerdekaan RI pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas, metode Cooperative Script memiliki banyak kelebihan yang sangat cocok dengan materi tersebut, pelaksanaan metode Cooperative Script melibatkan 4 kemampuan siswa sekaligus, yaitu kemampuan membaca (pemahaman), kemampuan menulis, kemampuan mendengarkan (menyimak) dan kemampuan berbicara. Sehingga pembelajarannya akan lebih bermakna dan menantang bagi siswa. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS pokok x bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang menggunakan metode Cooperative Script sangat baik, pelaksanaan di tiap siklusnya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus I aktivitas siswa masih termasuk dalam kategori cukup aktif kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,3, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 74,4. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas V meningkat lagi menjadi 78,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru: penerapan metode Coopertive Script dapat dijadikan salah satu alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk menerapkan metode-metode yang bervariatif dalam pembelajaran, dalam penerapan metode Cooperative Script maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran berjalan baik dan lancar. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Cooperative Script serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository