MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGREJO 03 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar Sains siswa dengan Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains melalui
Media Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangrejo 03 Jember .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Action Research.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar sains siswa
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas
siswa pada siklus I sebesar 49,33% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi
66,67%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,34%.
Sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 63, siklus II
meningkat menjadi 67,80 Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II
sebesar 4,80. Hasil belajar Sains siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai Kriteria
Ketuntasan Minimal 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I
sebesar 52%, siklus II meningkat menjadi 84%. Peningkatan persentase ketuntasan
hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 32%.