PENGARUH PENGGUNAAN FLIP BOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KECAMATAN PRAJEKAN BONDOWOSO)
Abstract
Belajar dapat diartikan sebagai proses komunikasi. Agar tidak terjadi
kesalahan pada proses tersebut perlu digunakan sarana yang dapat membantu proses
komunikasi yang disebut media. Selain media, perlu diperhatikan pula penggunaan metode pembelajaran yang nantinya akan memotivasi kegiatan siswa agar lebih aktif dan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan harapan. Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar yang meliputi keaktifan dan hasil belajar siswa serta peran guru, maka dalam
pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajar mengajar perlu
dikembangkan suasana kondusif yang dapat menumbuhkan sikap aktif dan hasil
belajar siswa yang memuaskan sesuai pendidikan karakter yang diharapkan oleh
guru. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media dan metode pembelajaran
yang sesuai, khususnya media gambar dengan metode diskusi dapat dijadikan sebagai
salah satu alternatif untuk hal tersebut.
Kelebihan yang ada pada penggunaan media pembelajaran berupa flip book
dan metode pembelajaran Small Group Discussion memungkinkan dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, berkaitan dengan hal itu maka perlu di
teliti pengaruh penggunaan media grafis berupa flip book dengan metode
pembelajaran Small Group Discussion terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian dilaksanakan di 1 SMA Negeri 1 Prajekan, Kecamatan Prajekan,
Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan,
dengan menggunakan metode survei untuk menggali data yang menggunakan
diantaranya: angket, wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Data penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan media Flip Book dengan
menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion menunjukkan bahwa
ketuntasan hasil belajar ( sebagai indikator mayoritas peningkatan hasil belajar) yang
diperoleh kelas kontrol (XI IPA 3) yaitu jumlah siswa dalam satu kelas 37, terdapat
12 siswa yang tuntas secara individual dan 25 siswa yang tidak tuntas, sehingga
persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 32%. Ketuntasan hasil
belajar yang diperoleh kelas eksperimen (XI IPA 2) yaitu jumlah siswa dalam satu
kelas 39, terdapat 28 siswa yang tuntas secara individual, dan 11 siswa tidak tuntas, sehingga presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 72%. Berdasarkan analisis, besarnya aktifitas belajar siswa saat proses belajar mengajar di kelas kontrol, yaitu perhatian dalam penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai 60,26%walaupun terkadang terdapat siswa
yang perhatian terhadap penjelasan berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya,
menjawab, serta berpendapat masing-masing mencapai nilai 38,5%; 37%; 11,25%.
Kemampuan merangkum mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar
atau masalah mencapai nilai 18,25% dan semangat untuk mengikuti proses
pembelajaran mencapai nilai 60,26%. Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam
kelas pada kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup aktif. Hasil analisis aktivitas
belajar siswa pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas pada kelas eksperimen,
yaitu perhatian terhadap penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai
67,09% walaupun terkadang terdapat siswa yang perhatian terhadap penjelasan
berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya, menjawab, serta berpendapat
masing-masing mencapai nilai 72,25%; 64,25%; 30,75%. Kemampuan merangkum
mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar atau masalah mencapai nilai
100% dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran mencapai nilai 67,09%.
Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelas pada kelas kontrol termasuk
dalam kategori aktif.
Pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran Flip book
menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion pokok bahasan struktur
jaringan hewan di SMA Negeri 1 Prajekan kelas XI semester 1 tahun ajaran
2011/2012 sangat baik karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan
belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa. Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan
kemampuan analisis siswa dan meningkatkan daya ingat siswa walaupun mereka
kurang berminat untuk membaca buku pegangan. Pembelajaran dengan metode Small
Group Discussion dengan media pembelajaran flip book sangat baik dan dapat
meningkatkan hasil belajar serta aktifitas siswa, hal ini dikarenakan dengan pembelajaran metode ini siswa mendapat perhatian secara individual baik dari guru maupun dari siswa lainnya. Pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dapat melatih tanggung jawab siswa karena siswa dituntut untuk menyelesaikan satu permasalahan, selain itu pembelajaran ini di kombinasikan dengan Flip book agar
siswa mampu menganalisis permasalahan dan memiliki minat untuk membaca guna
menambah pengetahuan dari berbagai macam sumber belajar. Pembahasan di atas
menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menggunakan media pembelajaran Flip
book menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion dapat digunakan
sebagai informasi dan alternative pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar
biologi serta memperbaiki hasil belajar siswa.