Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan Menggunakan Media Miniatur Alat Transportasi pada Siswa Kelas IV SDN Wirowongso 02 Ajung Jember Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
IPS adalah mata pelajaran yang menekankan pada peranan keilmuan, baik
teori maupun terapan, kepribadian dan unsur-unsur kehidupan melalui proses belajar
dan melihat realita dalam membentuk kepribadian yang utuh secara universal dan
menyeluruh (Depdiknas, 2004: 112). IPS berpusat pada pembahasan tentang manusia,
yaitu memperkenalkan kepada siswa bahwa manusia dalam hidup bersama dituntut
tanggung jawab sosial. Pembelajaran IPS di SDN Wirowongso masih monoton, tidak
menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam proses
pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan media miniatur, agar guru lebih
mudah dalam menyampaikan materi pada siswa dan siswa lebih mudah memahami
materi yang disajikan oleh guru. Selain itu, media miniatur juga dapat menarik
perhatian siswa pada pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktifitas siswa
dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dalam penelitian ini mencakup
”bagaimanakah penggunaan media miniatur alat transportasi dapat meningkatkan
aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Wirowongso 02”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk ”meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan
menggunakan miniatur alat transportasi pada siswa kelas IV SDN Wirowongso 02”.