ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD STRUCTURE DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (
Abstract
Globalisasi sudah merambah dunia pendidikan yang menuntut sekolah untuk
melakukan berbagai upaya yang berorientasi pada penciptaan kompetensi lulusan
yang berdayasaing global. Peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari usaha
peningkatan mutu kemampuan tenaga pendidik guru, disamping perlu tersedianya
sarana dan prasarana, biaya dan berbagai kemudahan lainnya yang relevan dengan
tuntutan kurikulum.
Ada beberapa metode pembelajaran dan pendekatan yang disesuaikan dalam
pelaksanaan kurikulum. Tugas guru adalah memilih dan menggunakan metode dan
pendekatan dalam pengajaran. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah
Numbered Head Structure. Penggunaan model pembelajaran ini dimaksudkan sebagai
salah satu upaya untuk membangkitkan motivasi siswa secara individual dalam
mengungkapkan pendapat atau tanggapan secara lisan maupun tulisan dan menjawab
pertanyaan.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi kelas XI IPA 3 SMA Negeri
Balung, metode yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran masih
menggunakan metode konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan kurang
termotivasi dalam belajar. Dari tahun-tahun sebelumnya, permasalahan yang muncul
pada materi sistem regulasi yaitu, siswa kurang mendapat gambaran yang jelas
mengenai struktur dan mekanisme kerja sistem sehingga hasil belajar siswa masih
rendah yaitu pada tahun ajaran 2008/2009 siswa yang belum tuntas belajarnya
mencapai 58,13%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai siswa yang berada di bawah
SKM yaitu
≤ 68. Dalam pembelajaran guru harus mampu memilih strategi dan model
pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar secara aktif. Oleh karena itu peneliti
mengusulkan media animasi flash untuk memvisualisasikan materi tersebut agar
mampu memberikan pemahaman yang optimal kepada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan
peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui pembelajaran
kooperatif model Numbered Heads Structure dengan media animasi flash.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung pada bulan Maret sampai
April 2010. Responden penelitian adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa
sebanyak 38 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Hasil analisis pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif
sebesar 78,28, aspek afektif sebesar 78,31 dan untuk aspek psikomotor sebesar 73,52.
Sedangkan ketuntasan klasikal pada aspek kognitif adalah sebesar 84,21%, aspek
afektif sebesar 92,10% dan aspek psikomotor sebesar 89,47%. Pada siklus II rata-rata
hasil belajar siswa untuk aspek kognitif sebesar 90,28, aspek afektif sebesar 84,52
dan untuk aspek psikomotor sebesar 82,86. Sedangkan ketuntasan klasikal pada aspek
kognitif adalah sebesar 97,36%, aspek afektif sebesar 94,73% dan aspek psikomotor
sebesar 94,73%.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan. Penerapan
model pembelajaran Numbered Heads Structure yang dikombinasikan dengan media
animasi flash berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar
siswa baik dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.