• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD STRUCTURE DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (

    Thumbnail
    View/Open
    dian yuli.pdf (114.3Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Dian Yulianing Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Globalisasi sudah merambah dunia pendidikan yang menuntut sekolah untuk melakukan berbagai upaya yang berorientasi pada penciptaan kompetensi lulusan yang berdayasaing global. Peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari usaha peningkatan mutu kemampuan tenaga pendidik guru, disamping perlu tersedianya sarana dan prasarana, biaya dan berbagai kemudahan lainnya yang relevan dengan tuntutan kurikulum. Ada beberapa metode pembelajaran dan pendekatan yang disesuaikan dalam pelaksanaan kurikulum. Tugas guru adalah memilih dan menggunakan metode dan pendekatan dalam pengajaran. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Numbered Head Structure. Penggunaan model pembelajaran ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan motivasi siswa secara individual dalam mengungkapkan pendapat atau tanggapan secara lisan maupun tulisan dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi kelas XI IPA 3 SMA Negeri Balung, metode yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam belajar. Dari tahun-tahun sebelumnya, permasalahan yang muncul pada materi sistem regulasi yaitu, siswa kurang mendapat gambaran yang jelas mengenai struktur dan mekanisme kerja sistem sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu pada tahun ajaran 2008/2009 siswa yang belum tuntas belajarnya mencapai 58,13%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai siswa yang berada di bawah SKM yaitu ≤ 68. Dalam pembelajaran guru harus mampu memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar secara aktif. Oleh karena itu peneliti mengusulkan media animasi flash untuk memvisualisasikan materi tersebut agar mampu memberikan pemahaman yang optimal kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Structure dengan media animasi flash. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung pada bulan Maret sampai April 2010. Responden penelitian adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif sebesar 78,28, aspek afektif sebesar 78,31 dan untuk aspek psikomotor sebesar 73,52. Sedangkan ketuntasan klasikal pada aspek kognitif adalah sebesar 84,21%, aspek afektif sebesar 92,10% dan aspek psikomotor sebesar 89,47%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif sebesar 90,28, aspek afektif sebesar 84,52 dan untuk aspek psikomotor sebesar 82,86. Sedangkan ketuntasan klasikal pada aspek kognitif adalah sebesar 97,36%, aspek afektif sebesar 94,73% dan aspek psikomotor sebesar 94,73%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan. Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Structure yang dikombinasikan dengan media animasi flash berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa baik dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22532
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository