Browsing SRA-Education by Author "Singgih Bektiarso"
Now showing items 1-17 of 17
-
Penerapan Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang Tahun Ajaran 2015/2016
Anita Maydiah Rahmawati; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Lingkungan Terbuka (Open Learning Environments) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Rizqi Safrina; Singgih Bektiarso; Mutrofin (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV-b pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode pembelajaran lingkungan ... -
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Benda
Amalia Cici Dwi Pratiwi; Singgih Bektiarso; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAHLUK HIDUP DI SDN 3 TULUNGREJO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2015/2016
Eka Yunita Sari; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)teaching pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 3 Tulungrejo pada pembelajaran IPA. Salah satu upaya untuk ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Slawu III Tahun Ajaran 2015/2016
Bernika Ulinnuha Fajrin; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Slawu III, hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu pada pokok bahasan daur hidup hewan guru telah menggunakan media nyata berupa ulat, namun motivasi dan hasil ... -
PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MNEMONIC DAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA POKOK BAHASAN PANCA INDRA KELAS IV DI SDN GLANGGANG 01 PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Dewi Annisa; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan adalah motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang dapat menekankan kemampuan dalam ... -
Pengaruh Metode Writing in the Here and Now terhadap Keterampilan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember
Ahmad Sudi Pratikno; Hari Satrijono; Singgih Bektiarso (UNEJ, 2016)Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu perlakuan terhadap suatu variabel terikat. Pembelajaran menulis puisi masih terkendala minat dan kemampuan siswa yang masih rendah, keterampilan mengajar guru ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2015/2016
Nurul Komariyah; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Pembelajaran IPA akan lebih mudah dipahami apabila pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Pendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu pendekatan ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan VAK (Visualization Auditori Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD Negerin Puger Kulon 01 Jember
AGUSTININGSIH,; Istiqfaroh,; Singgih Bektiarso (UNEJ, 2015)Peran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim ... -
Pengaruh Penerapan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PKN di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Risca Ayu Syahadati; M.Sulthon Masyhud; Singgih Bektiarso (UNEJ, 2016)Teknik Mind Mapping adalah salah satu sistem pencatatan berfikir kreatif yang mencerminkan secara visual dengan memanfaatkan kedua belah otak, otak kanan dan otak kiri yang akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Titik Kurniawati; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2014)Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Titik Kurniawati; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2014)Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Learning Cycle Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Yulia Mardiyana; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, dan teori yang merupakan produk dari proses ilmiah (Samatowa, 2011:20). Berdasarkan hasil wawancara ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang Tahun Ajaran 2014-2015
Novia Ragil Kurnia; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2015)Hasil observasi pembelajaran IPA di kelas SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang masih berpusat pada guru (teacher centered). Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dalam proses pembelajaran di kelas yang tentunya ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Penerapan Model Cooperative Learning tipe NHT Berbantuan Media Video di Kelas IV SDN Slawu 03 Tahun Ajaran 2015/2016
Aristya Ayu Syafitri; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini, yaitu pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan benda langit guru ... -
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN LKS YANG DILENGKAPI RANGKAIAN FOTO KEJADIAN FISIKA KELAS XI IPA 1 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013
Amir Rohli; Sutarto; Singgih Bektiarso (UNEJ, 2016)Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan LKS yang dilengkapi foto kejadian Fisika kelas XI IPA 1 MAN 2 Jember. Peneletitian ini menggunakan metode penelitian ... -
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas V SDN Kambinganrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015-2016
Riga Anindita Aissastri; Singgih Bektiarso; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kambinganrejo Pasuruan. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat ...