Browsing SRA-Education by Title
Now showing items 1234-1253 of 1352
-
Prinsip-prinsip praktek politik demokratis dapat dimulai dari kehidupan politik di Desa. Unsur-unsur esensial demokrasi dapat diterjemahkan dalam pranata kehidupan politik di level pemerintahan formal paling kecil tersebut. terdapat tiga prinsip utama pelaksanaan demokrasi, yakni; 1) kompetisi, 2) partisipasi, dan 3) kebebasan politik dan sipil. Pilkades di Madura khususnya di desa Karangsokon yang dilaksanakan pada tahun 2012 menjadi peristiwa demokratisasi ditingkatan desa yang menarik untuk dikaji, karena pada pilkades ini kontestannya selalu diikuti oleh dua keluarga besar, yaitu keluarga H. Muhammad Hasan dan Abduh, selain itu pada pilkades tahun 2012 salah satu kontestannya adalah perempuan yaitu Hj. Khotijah. Pada pelaksanaannya ada beberapa unsur yang berpengaruh dalam pelaksanaan pilkades, yaitu bejingan, tokoh masyarakat (Kiai), juragan, petaruh. Pada pelaksanaan pilkades di desa Karangsokon terjadi money politic secara besar-besaran yang dilakukan oleh Hj. Khotijah dan Ahmad Agus.
(UNEJ, 2014)Prinsip-prinsip praktek politik demokratis dapat dimulai dari kehidupan politik di Desa. Unsur-unsur esensial demokrasi dapat diterjemahkan dalam pranata kehidupan politik di level pemerintahan formal paling kecil tersebut. ... -
Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan profil berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif. Instrumen yang digunakan ialah tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes pemecahan ... -
PROFIL HOME INDUSTRI KERAJINAN SANGKAR BURUNG DI DESA DAWUHAN
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil home industri bagi masyarakat di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil home industri bagi ... -
PROFIL IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN JEMBER
(UNEJ, 2014)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru-guru matematika SMP di Kabupaten Jember mengenai authentic assesment, apakah guru-guru matematika SMP di Kabupaten Jember telah mengembangkan authentic ... -
Profil Kreativitas Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jember dalam Menyelesaikan Soal Balok ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kreativitas siswa berdasarkan perbedaan kemampuan matematikanya dalam menyelesaikan soal balok. Berdasar pada tujuan, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ... -
Profil Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas VII di SMPN 3 Jember
(UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yang berlangsung di SMPN 3 Jember kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode ... -
Profil Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial Berdasarkan Tahapan Polya Siswa SMPN 11 Jember Kelas VII-A Ditinjau dari Gaya Kognitif : Field Dependent dan Field Independent
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah pada siswa kelas VII-A di SMPN 11 Jember. Profil pemecahan masalah matematika merupakan gambaran atau deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan ... -
Profil Pemecahan Masalah Kreatif Siswa Bergaya Belajar Visual Berdasarkan Gender pada Materi Segitiga dan Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan proses pemecahan masalah kreatif siswa bergaya belajar visual berdasarkan gender pada masalah segitiga dan segiempat di kelas VII A SMP Negeri 4 Jember, saat memahami masalah, membangun ... -
Profil Pemecahan Masalah Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas IX MtsN 1 Jember dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ)
(UNEJ, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis data yang diambil ... -
Profil Siswa Kelas IX dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di MTs Negeri Jember 1
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa kelas IX dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif di MTs Negeri Jember 1. Jadi, pendeskripsian pada ... -
PROFIL USAHA KECIL KERAJINAN BERBAHAN BAKU
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan latar belakang berdirinya , proses produksi, dan pemasaran usaha kecil kerajinan berbahan baku kertas koran bekas Pak Kecik Kabupaten Lumajang. Metode penentuan ... -
Pronunciation Errors Made by the Seventh Grade Students in Pronouncing the English Words at MTsN 3 Tanggul
(UNEJ, 2016)The goal of this research is to describe about pronunciation errors made by the seventh grade students in pronouncing the English words. This research used a descriptive quantitative as the research design and the research ... -
Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmetika Siswa Auditorial di Kelas X AV SMK Negeri 2 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa auditorial di kelas X AV SMK Negeeri 2 Jember, dalam memecahkan masalah barisan dan deret aritmetika saat memahami soal, merencanakan dan melaksanakan penyelesaian sesuai ... -
Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Sub Pokok Bahasan Trapesium Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity
(UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VII-C SMP Negeri 1 Jember dalam memecahkan masalah sub pokok ... -
Proses Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Soal Cerita Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segi Empat Berbasis Tahapan Wallas
(UNEJ, 2015)Kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan suatu masalah dapat digolongkan menjadi dua, yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Pemecahan masalah secara kreatif membutuhkan cara berpikir divergen, ... -
Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember
(UNEJ, 2016)Proses berpikir selalu dialami oleh setiap orang ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, siswa juga mengalami proses berpikir ketika dihadapkan dengan berbagai masalah matematika. Proses berpikir juga ... -
Proses Berpikir Siswa Menurut Piaget dalam Menyelesaikan Permasalahan Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Polya Pada Kelas X SMK Negeri 2 Jember
(UNEJ, 2016)Pemecahan masalah adalah suatu kemampuan berpikir melalui sebuah proses berpikir, yang dapat memberikan sejumlah pengalaman baru kepada siswa dalam memahami matematika[1]. Salah satu cara memecahkan masalah adalah dengan ... -
Proses Berpikir Siswa Tunanetra dalam Memahami Konsep Persegi Panjang Dilihat dari Teori Van Hiele
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa tunanetra dalam memahami konsep persegi panjang. Proses berpikir siswa tunanetra dideskripsikan berdasarkan tahapan Piaget yaitu disequilibrium, asimilasi, akomodasi dan ... -
Proses Berpikir Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Kelas VIII SMPLB-B TPA Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini berhubungan dengan proses berpikir siswa tunarungu dalam menyelesaikan soal kontekstual operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat kelas VIII SMPLB-B TPA Jember berdasarkan proses asimilasi, akomodasi, ... -
Proses Pembelajaran Irisan Kerucut pada SMKN dengan Daya Serap Siswa Rendah Terbanyak di Jember pada Ujian Nasional
(UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran irisan kerucut pada SMKN dengan daya serap siswa rendah terbanyak di Jember pada ujian nasional matematika tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan ...