• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPOSITORI DAN METODE INQUIRY PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS II SEMESTER 2 SMP NEGERI 9 JEMBER TAHUN AJARAN 2005/2006

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (217)_1_processed.pdf (171.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    EMMY HERNAWATI S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Guru yang dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, dapat mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas siswa serta mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pola random terhadap subjek. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei sampai 30 Mei 2006, di SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dengan responden penelitian yaitu siswa kelas IID dan kelas IIC. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisa data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji perbedaan aktivitas siswa dan uji perbedaan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode inquiry lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri prinsip atau konsep yang baru; (2) penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda, misalkan melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan membedakan prestasi siswa yaitu tinggi, cukup dan rendah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22339
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository