Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Alternatif di SDN Gebang 01 Jember
Abstract
Pembelajaran IPA di SD Negeri Gebang 01 Jember yang dilaksanakan oleh
guru kelas masih menerapkan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Guru
terlalu mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan peserta didik masih sangat
kurang. Pada pembelajaran konvensional, siswa bukan lagi sebagai subjek
pembelajaran melainkan objek pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut:
1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA sub
pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami pada siswa
kelas IV SD Negeri Gebang 01 Jember, dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan
Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif
tipe TGT dengan media Kokami pada siswa kelas IV SD Negeri Gebang 01 Jember.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sub pokok
bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui
penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami di SD Negeri Gebang
01 Jember. 2) untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan
Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami di
SD Negeri Gebang 01 Jember.