• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN LOGARITMA DI KELAS X.C SEMESTER GANJIL SMAN 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    S (69)s_1.pdf (659.7Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yakuttatil Farida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ketidaktahun siswa tentang manfaat materi-materi yang dipelajari dalam mata pelajaran matematika berdampak pada rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan keingintahuan siswa dalam mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Besuki dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2011 sampai dengan 30 Oktober 2011. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X.C. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pembelajaran I dan pembelajaran II pada siklus I serta pembelajaran III dan pembelajaran IV pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran metakognitif pada pokok bahasan logaritma terlaksana dengan lancar. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada pembelajaran I adalah 70%, pada pembelajaran II adalah 73,57%, pada pembelajaran III adalah 78,10%, dan pada pembelajaran IV meningkat menjadi 81,43%. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id siswa yang sulit mengontrol dan menuliskan proses berpikirnya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan mencapai 83% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa %75 , yaitu 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metakognitif pada pokok bahasan logaritma cukup optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jemb
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22101
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository