PENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN LOGARITMA DI KELAS X.C SEMESTER GANJIL SMAN 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Ketidaktahun siswa tentang manfaat materi-materi yang dipelajari dalam
mata pelajaran matematika berdampak pada rendahnya minat belajar siswa
sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Salah satu faktor yang
mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas
cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan keingintahuan siswa dalam
mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Besuki dan pengambilan data
dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2011 sampai dengan 30 Oktober 2011.
Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X.C. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Data
yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran
berlangsung dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus.
Pembelajaran I dan pembelajaran II pada siklus I serta pembelajaran III dan
pembelajaran IV pada siklus II.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran
metakognitif pada pokok bahasan logaritma terlaksana dengan lancar. Aktivitas
siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran
sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada pembelajaran I
adalah 70%, pada pembelajaran II adalah 73,57%, pada pembelajaran III adalah
78,10%, dan pada pembelajaran IV meningkat menjadi 81,43%. Kesulitan yang
dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
siswa yang sulit mengontrol dan menuliskan proses berpikirnya, kurang
berpartisipasi dan cenderung pasif.
Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan
mencapai 83% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
%75
,
yaitu 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
metakognitif pada pokok bahasan logaritma cukup optimal untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jemb