• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-fkip-gdlhub-gdl-mahesakale-12762-1-mahesak-e_1.pdf (160.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Mahesa Kale
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran fisika bukan hanya memahami konsep konsep fisika, tetapi juga mengajar siswa berpikir konstruktif melalui fisika sebagai keterampilan proses sains menggunakan ketrampilan proses sains dengan model TPS dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional serta mendeskripsikan ketrampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika setelah menggunakan model TPS, dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pretest posttest. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, penilaian unjuk kerja, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisist dan menggunakan presentase skor ketrampilan proses sains. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan ketrampilan proses sains dengan model TPS dan yang menggunakan model konvensional dengan cara menganalisis dari selisih nilai pretest dan post tespada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan uji t pada SPSS 16, yaitu Independent Samples Test..Analisa data yang digunakan untuk mendeskripsikan ketrampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran think pair share berdasarkan hasil penilaian jawaban pada Lembar kerja Siswa Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : tes,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository