Show simple item record

dc.contributor.authorMahar Munani Rahayu
dc.date.accessioned2014-01-23T04:37:24Z
dc.date.available2014-01-23T04:37:24Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210301047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22059
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas XI IPS 2. Selain itu, hasil belajar yang diperoleh siswa juga masih belum memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hal ini karenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga aktivitas belajar siswa hanya mendengar dan memperhatikan penjelasan guru, serta membuat catatan seperlunya. Untuk itu guru perlu mencoba menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif merupakan pembelajaran yang menekankan pengintegrasian secara aktif pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan pengetahuan sebelumnya. Model pembelajaran generatif merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan iklim pembelajaran konstruktivistik, siswa mendapat kebebasan dalam mengajukan ide-ide dan masalah-masalah serta mendiskusikan perihal konsep yang terkait dengan pembelajaran tanpa dibebani rasa takut, serta berargumen menuju pada penguasaan konsep yang ilmiah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermaksud memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Rancangan dalam penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, metode observasi, metode tes, dan metode dokumen. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo pada mata pelajaran ekonomi. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus 1 menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 69,29 yang termasuk dalam kategori aktif dan pada siklus 2 menjadi 78,78 yang termasuk kategori aktif. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat dari siklus rata-rata hasil belajar siswa secara individual sebesar 72,78 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,72%. Sedangkan, rata-rata hasil belajar siswa secara individual pada siklus 2 sebesar 77,48 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran generatif. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran generatif untuk mata pelajaran lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan materi pasar modal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301047;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GENERATIFen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Semester Genap SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record