PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN TERSEBAR BERULANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN MENENTUKAN PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor
dari guru. Salah satu diantaranya yaitu kemampuan guru dalam menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga
dapat mengoptimalkan prestasi hasil belajar yang optimal. Agar prestasi hasil belajar
yang dicapai bisa maksimal diperlukan cara-cara tertentu untuk mengaktifkan siswa
dalam belajar, salah satunya yaitu dengan memberikan latihan-latihan pada siswa.
Pemberian latihan sangat diperlukan untuk penguatan dan pemantapan atau
sebagai aplikasi dari pengertian yang baru saja diajarkan. Pemberian latihan tersebar
yang diberikan secara berulang dapat membuat siswa lebih terlatih kemampuannya
dalam menyelesaikan latihan. Sehingga siswa dapat memahami konsep matematika
yang diberikan dengan menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan.