Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Rantai Makanan pada Siswa Kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012
Abstract
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya
menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang
menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di MI Baitul Ridlo Umbulsari
khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode
pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada
umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah
ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini
berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan
minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 70.