DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA IKLAN MAJALAH CITA CINTA EDISI 2010
Abstract
Diksi pada iklan merupakan diksi yang bersifat persuasif karena digunakan 
untuk membujuk khalayak agar bertindak sesuai penyampai pesan. Agar iklan yang 
ditawarkan mampu menarik minat khalayak maka diksi yang digunakan disusun 
sedemikian rupa sehingga dapat dianalisis dari segi kriteria pemilihan diksi, fungsi 
iklan, perubahan makna, dan gaya bahasa. Penggunaan diksi pada iklan dapat 
dijadikan  sebagai  sumber  belajar  dalam  proses  pembelajaran  serta  dapat 
mencerdaskan dan  mendidik  khalayak  sasaran.  Berdasarkan hal tersebut maka 
penelitian ini mengambil diksi pada iklan sebagai objek penelitian. Diksi pada iklan 
yang diambil pada penelitian ini difokuskan pada bagian iklan yakni judul iklan, sub 
judul iklan, dan closer. 
Kajian pada penelitian ini terdiri atas empat rumusan masalah, yaitu tentang 
(1) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria pemilihan 
diksi, (2) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan, 
(3) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna, 
dan (4) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria gaya 
bahasa. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam 
penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 
2010 ditinjau dari kriteria pemilihan diksi, (2) mendiskripsikan diksi pada iklan di 
majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan, (3) mendiskripsikan diksi 
pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna, dan (4) 
mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari gaya 
bahasa. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data dilakukan dengan teknik dokumentasi data kemudian diadakan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  diksi  yang  digunakan  pada  iklan 
majalah  Cita  Cinta  edisi 2010  berdasarkan  kriteria  pemilihan  diksi  meliputi 
ketepatan,   ketidaktepatan,   kecermatan,   ketidakcermatan,   keserasian,   dan 
ketidakserasian. Berdasarkan fungsi iklan meliputi fungsi informasi dan fungsi 
persuasi. Berdasarkan perubahan makna meliputi perluasan makna dan ameliorasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan pada iklan majalah Cita Cinta edisi 2010 meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Berdasarkan gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa  perbandingan  atau  simile  dan  personifikasi.  Berdasarkan  gaya  bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbola, paradoks, dan klimaks. Berdasarkan gaya bahasa pertautan meliputi gaya bahasa metonimia. Berdasarkan gaya bahasa perulangan meliputi gaya bahasa repetisi dan asonansi. 
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran sebagai berikut (1) bagi 
pembaca mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, diharapkan apabila hendak 
mengungkapkan ide atau gagasan menggunakan pilihan kata yang tepat, cermat,dan 
serasi agar tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda, (2) bagi guru SMP yang 
mengajar bahasa Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi alternatif 
pembelajaran untuk mengajarkan pilihan kata dan diharapkan lebih memanfaatkan 
iklan  sebagai  materi  autentik  dalam  proses  pembelajaran, (3)  bagi  peneliti 
selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan apabila ingin mengadakan penelitian sejenis yang lebih luas.
