• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA NEGERI AMBULU-JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (109)-_1.pdf (587.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    DODIK KRISDIANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan siswa pada jasa pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemberi jasa kepada peserta didiknya. Apabila kualitas pelayanan yang diterima siswa sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan jasa tersebut dipersepsikan sebagai kualitas yang baik atau memuaskan. Jika kualitas pelayanan yang diterima siswa melebihi harapan, maka kualitas jasa tersebut dipersepsikan sebagai kualitas jasa yang bermutu atau sangat memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan yang meliputi : keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan hipotesis yang diajukan, pertama yaitu diduga variabel dimensi kualitas pelayanan jasa (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) mempunyai pengaruh yang nyata terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu. Kedua yaitu diduga salah satu variabel dimensi kualitas pelayanan jasa mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area. Penelitian ini menggunakan stratefied Proposional random sampling dalam pengambilan sampel dan yang menjadi obyeknya adalah Siswa SMA Negeri Ambulu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi berganda, uji-F dan uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan menggunakan uji-F dimana F (104,512 ≥ 2.335). Koefisien determinasi berganda (R square hitung lebih besar dari F ix tabel ) sebesar 0,873 yang berarti bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan jasa secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu sebesar 87,3%. Berdasarkan hasil sumbangan proporsi dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu, keandalan sebesar 14.472%, daya tanggap sebesar 17,547%, jaminan sebesar 14,475%, empati sebesar 30,572% dan bukti fisik sebesar 10,241%. Sedangkan variabel paling dominan yang mempengaruhi kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah variabel empati dengan nilai sebesar 30,572%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan yang diberikan SMA Negeri Ambulu meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang segnifikan kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah empati. Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Kegurauan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21760
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository