• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kokami terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012); Septiya Ahsani, 080210103033

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (126)_1.pdf (357.4Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Septiya Ahsani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia sebagai negara yang berkembang berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional maka peningkatan kualitas pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting (Parminingsih, 2008:1). Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan guru, selain komponenkomponen tersebut, seorang guru juga harus menguasai model-model pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa demi tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran yang mengedepankan kegiatan siswa adalah dengan cooperatif learning teknik Two Stay Two Stray (Deliyani, 2008:14). Pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif juga diperlukan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media kotak kartu misterius (KOKAMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence. Satisfaction) pada awal dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS. Hasil belajar kognitif siswa sebagai data utama diukur dengan menggunakan pretest dan posttest, kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Anakova. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-tes. Berdasarkan hasil perhitungan angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence. Satisfaction), diperoleh hasil yaitu pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember terkait dengan aspek perhatian (attention) mampu meningkatkan perhatian siswa dengan selisih rerata nilai 2,54 yaitu dari awal 24,89 meningkat menjadi 27,43, keterkaitan (relevance) antara materi yang disampaikan oleh guru dengan materi yang telah dipelajari oleh siswa dengan selisih rerata nilai 2,83 yaitu dari awal 19,66 meningkat menjadi 22,49, percaya diri (confidence) dengan selisih rerata nilai 1,68 yaitu dari awal 22,03 meningkat menjadi 23,71, dan aspek kepuasan (satisfaction) dengan selisih rerata nilai 1,34 yaitu dari awal 25,89 meningkat menjadi 27,23. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kokami juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember pada materi Organisasi Kehidupan. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai pretest dan posttest sebesar 32,80 dari rerata pretest 28,83 menjadi rerata posttest 61,63. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21714
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository