• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RETORIKA DALAM KARANGAN PERSUASI SISWA DI KELAS X-E SMA NEGERI 2 TANGGUL KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-reniaprili-6029-1-reniapr-a_1.pdf (167.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Aprilia, Reni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan alat komunikasi manusia. Ada berbagai jenis media perantara yang digunakan masyarakat dalam berkomunikasi yaitu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Retorika adalah seni yang mengajarkan orang tentang kaidah dasar pemakaian bahasa yang efektif. Keterampilan menulis adalah keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Mengarang merupakan salah satu keterampilan menulis. Tujuan menulis ialah siswa mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan. Standar kompetensi siswa dalam menulis salah satunya adalah mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa adalah menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam paragraf persuasif. Indikator yang harus dicapai siswa dalam menulis paragraf persuasi yaitu siswa mampu menulis paragraf persuasi dengan tema yang bebas secara aktif dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat persuasi yang menarik sehingga meyakinkan pembaca. Penelitian ini mengkaji kemampuan siswa beretorika dalam menulis karangan persuasi. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan menggunakan diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa. Alasan mengkaji diksi dan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa adalah mengingat ketepatan dan kesesuaian pilihan kata dapat menyebabkan gagasan yang disampaikan menjadi jelas, sedangkan alasan mengkaji gaya bahasa untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan oleh siswa ketika menyampaikan ide, gagasan, dan perasaan dalam bentuk tulisan atau karangan sehingga apa yang disampaikan oleh pemakai bahasa dapat menimbulkan efek dan nilai rasa tertentu kepada pembaca. Kajian ini di fokuskan pada pembahasan mengenai diksi dan gaya bahasa. Pembahasan yang dikaji terdiri atas dua masalah yaitu: 1) Bagaimanakah penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas X- E SMA Negeri 2 Tanggul? Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Bagaimanakah penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul. Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Tes berupa penugasan yaitu menugaskan siswa sebagai responden membuat tulisan persuasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga proses yaitu mengidentifikasi dan mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan oleh siswa dalam karangan persuasi yaitu penggunaan denotatif, sedangkan gaya bahasa yang digunakan oleh siswa dalam karangan persuasi yaitu gaya bahasa retoris, sehingga diindikasikan bahwa siswa kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul dapat membuat karangan persuasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran antara lain (1) bagi siswa hasil penelitian ini dapat menambahkan pengetahuan tentang materi pembelajaran menulis karangan persuasi, penggunaan diksi dan gaya bahasa yang sesuai, dan (2) bagi guru Bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada materi penggunaan diksi dan gaya bahasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21694
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository