ANALISIS PERSEPSI NASABAH TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NUR SEMESTA INDAH CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif,
bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah tentang kualitas pelayanan yang
baik bagi nasabah, dimana indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas
layanan adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.
Langkah-langkah penelitian dimulai sejak tahap-tahap persiapan, yaitu studi
kepustakaan, penentuan lokasi, dan menentukan populasi serta sample.
Dilanjutkan tahap pengumpulan data. Data yang diperoleh selanjutnya disusun
dalam table frekuensi dan table kontingensi, setelah itu baru dilakukan analisis
data. Kualitas pelayanan jasa PT. BPR Nur Semesta Indah Cabang Jember terdiri
dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Secara umum
pada dimensi tangible, nasabah merasa puas atas kondisi fisik yang ada di PT.
BPR Nur Semesta Indah Cabang Jember. Pada dimensi reliability, para nasabah
tampak puas dengan keandalan karyawan dalam melayani nasabah. Dimensi
assurance dari kualitas pelayanan jasa yang diterima nasabah dapat memuaskan
mereka dengan adanya jaminan bahwa kebutuhan dan keinginan nasabah akan
terpenuhi sesuai harapan nasabah. Para nasabah PT. BPR Nur Semesta Indah
Cabang Jember merasa puas atas dimensi responsiveness dan juga dimensi
empathy dari kualitas pelayanan jasa PT. BPR Nur Semesta Indah Cabang Jember.
Secara keseluruhan dari kelima dimensi tersebut responden nasabah sebagian
besar menyatakan puas atas kualitas pelayanan jasa yang disediakan PT. BPR Nur
Semesta Indah Cabang Jember.